Global Var

Saya boleh marah?

          Anda pernah marah? Ah, ya. Mungkin seharusnya saya tidak menanyakan hal-hal yang telah pasti. Lebih baik, saya membuat pernyataan saja. Di dunia ini, semua orang pernah mengalami keadaan yang sangat tidak enak, yaitu marah. Anda ingat ketika anda marah? Ketika anda marah, semua akan anda lihat sisi negatifnya. Semua terasa salah dan tidak pas di hati.

          Berhubung saya adalah manusia, maka saya juga pernah marah. Ah kurang pas rasanya. Saya bukan pernah marah, tapi sering marah. Pribadi-pribadi seperti saya adalah pribadi yang cepat marah, namun juga cepat berlalu. Secepat itu saya marah, maka secepat itu pula kemarahan saya hilang. Seperti saat ini, ketika marah yang saya rasa datangnya terlalu cepat, maka sesungguhnya saya hanya butuh menunggu waktu untuk keberlaluan kemarahan saya.

          Orang yang pemarah biasanya cenderung pendendam. Jawabannya ya! Saya adalah pribadi yang pendendam. Saya? Jelas tidak ada pengecualian untuk saya. Saya juga pendendam. Tapi saya konsisten, tepatnya mencoba untuk konsisten dengan sikap yang saya punya. Jika saya bisa dendam dengan sesuatu yang buruk, maka sesuatu yang baik pun akan saya dendami.

         Inti yang terkandung dalam kata dendam adalah membalas. Maka yang saya maksud dengan dendam diatas tidak selamanya keburukan yang dibalas dengan keburukan saja, melainkan juga termasuk membalas budi kepada orang yang telah berjasa kepada kita juga termasuk kategori balas dendam.

             Menurut saya, adalah suatu kebanggaan tersendiri ketika saya bisa membantu dan membalas kebaikan orang yang besikap baik, atau setidaknya tidak pernah berbuat buruk kepada saya. Dan menurut saya pula, adalah suatu kelegaan tersendiri ketika saya bisa membalas orang yang bersikap seenaknya sendiri kepada saya. Ah, saya pikir mereka memang perlu diberi pelajaran.

              Endingnya, saya berpikir bahwa sesekali, menjadi orang yang agresif dan jahat itu memang pelu. Tapi ingat, boleh menjadi orang jahat, asal baik hati.*

*Penulis sedang dalam keadaan mood yang sangat tidak baik. Mohon maaf jika ada salah kata atau semacamnya.