Global Var

Antara Sedih Dan Marah

        Ada yang tahu definisi dari sedih? Ada yang berkata bahwa sedih itu sama dengan cinta, tidak bisa di deskripsikan, tapi bisa di rasakan. Kata siapa? Kita bisa saja mendeskripsikan apapun, tak terkecuali rasa sedih atau cinta yang sering melanda diri kita. Tentunya hal itu sangat tergantung dengan kepintaran kita dalam menuangkannya dalam kata atau kalimat. So, apa itu sedih? 

Menurut saya, sedih adalah suatu perasaan dimana kita merasakan suatu yang tak enak dan berefek melemahkan kemampuan maupun minat kita terhadap sesuatu.
        Sedih, jelas berbeda dengan marah. Meskipun marah juga merupakan suatu rasa yang tidak enak, tapi merah justru membangkitkan tenaga dan menguatkan kemampuan dan minat terhadap sesuatu yang dimarahi.  Misalnya marah karena dihianati teman atau semacamnya, biasanya rasa yang melanda kita akan menimbulkan efek yang berupa keinginan kita untuk melakukan kekerasan pada objek kemarahan kita. Dampaknya jelas bisa berupa fisik juga. Orang yang dilingkupi rasa marah biasanya akan memiliki asupan tenaga yang berlebih. Yang biasanya tidak kuat menendang pintu misalnya, orang yang sedang marah akan dengan brutal mendobrak sebuah pintu yang terkuncio rapat.

        Sedangkan orang dengan perasaan sedih, mereka justru akan kehilangan tenaga karena adanya suatu yang tidak mereka inginkan tersebut. Contohnya saja orang yang sedang bersedih karena ditinggal oleh orang yang ia cintai, baik ditinggal mati atau semacamnya. Mereka akan kehilangan minat terhadap sesuatu yang ada dilingkungan sekitarnya, dan bahkan kemampuan fisiknya akan berkurang secara drastis. Biasanaya yang dirasakan adalah kelemasan tubuh dan tak adanya tenaga yang menyertai.

        Sedih dan marah terkadang tak bisa dibedakan karena satirnya yang terlalu tipis. Orang yang dihianati misalnya. Selain ia marah, tentunya ia juga sedih dan prihatin dengan nasibnya sendiri. Analisanya, ketika amarah yang mendominasi emosinya, maka marahlah yang akan dirasa. Biasanya setelah berhasil mencurahkan amarahnya, yang akan timbul dalam benaknya adalah rasa sedih. Tubuhnya akan melemas seketika setelah kemarahannya tersalurkan. Selain karena tenaganya yang telah terkuras, perasaan sedih juga telah melingkupi dirinya. 

          Nah, sampai dari sini, tau kan perbedaan deskripsi dari marah dan sedih? Orang yang baik dan bijaksana pasti juga akan merasakan perasaan sedih dan marah. Tapi hanya orang yang baik dan bijaksanalah yang akan bisa memanage perasaan sedih dan amarahnya dengan baik dan hanya disalurkan pada hal-hal yang positif. SEMANGAT!!