Global Var

Tips Agar Masakan Terasa Enak

Mungkin anda mengira jika yang akan tersaji dalam tulisan saya kali ini adalah cara-cara meracik bumbu dengan segala aksesoris dan prosedurnya. Seperti 3 siung bawang merah, satu sendok merica bubuk, atau satu piring penuh penyedap makanan, yang biasanya ditambahkan dengan tujuan untuk mempersedap makanan di lidah, bukan. Anda salah besar.

Sore itu, saya sedang berkemas setelah mengadakan pelatihan. Sebagai manager pelatihan, tidak etis rasanya jika saya pulang mendahului anggota-anggota tim saya. Secara saya bekerja, membingungkan tetek-bengek masalah yang ada dan berlangsung selama pelatihan, akhirnya saya lupa dengan kewajiban saya mengurusi perut saya yang sebenarnya telah meronta-ronta.

Sekitar jam 4 sore setelah pelatihan selesai, ternyata ada nasi kotak yang tersisa yang akhirnya saya santap ditempat. Setelah saya buka, menunya cukup istimewa; nasi putih, sayur, dilengkapi dengan ayam kecap bumbu pedas. Secara umum, jelas masakan tersebut terasa sangat enak di lidah setiap orang, kecuali orang yang memang tidak suka dengan menu tersebut, contohnya saya. Tapi dengan lahap, saya sukses memindahkan isi kotak makanan tersebut ke dalam perut saya dengan jangka waktu sesingkat-singkatnya. Woow. Amazing.

Setelah hanya tinggal satu suap saja di tangan saya, saya baru menyadari jika saya makan dengan jangka waktu yang tidak lumrah. Istilahnya waktu yang saya pergunakan untuk makan 3X lebih cepat dari waktu yang biasanya saya pergunakan di saat-saat normal. Apalagi dengan porsi jumbo plus menu yang sebenarnya tidak saya sukai tersebut. Benar-benar SS alias Super Sekali.

Serampungnya meneguk segelas air mineral yang sebelumnya sudah saya siapkan disamping saya, saya sedikit berfikir dan merenung sambil tersenyum. Dari proses yang melelahkan dan melaparkan pada hari itu, saya mendapatkan ilham berupa teori baru yang nantinya akan menjadikan suatu pelajaran berharga bagi saya. Saya tersenyum simpul dan melanjutkan perjalanan saya pulang.

Sesampainya di rumah, saya bertanya kepada teman sekamar saya;
"Mbak, tau nggak resep masakan enak itu yang seperti apa?" saya memulai percakapan.
"Ndak, wong masak saja saya ndak bisa kok"
"Mau ndak saya kasi tau resepnya apa?"
"Memangnya apa?"
"KELAPARAN" 
Dan teman kamipun bersama-sama menyunggingkan seulas senyuman.