Global Var

Bawang Merah dan Bawang Putih episode 1

          Gue punya adek, namanya Anwar. Gue berani taruhan, siapa aja yang tau tentang gue sama adek gue, pasti gak akan percaya kalo dia adek gue. Percaya pun mungkin orang itu bakalan bilang kalo gue sama adek gue itu terbilang "Bainas Sama' Was Sumur". Dalam artian, adek gue sebagai "Sama'"nya, dan gue sebagai "Sumur"nya. Sebagai Sama', pastinya dia punya banyak banget kelebihan dan kebaikan yang disandang daripada sumur. Kalo ibarat film bawang merah dan bawang putih, gue udah pasti jadi bawang merah dan adek gue jadi bawang putihnya. Duh, ngenes banget kan gue ..
Kenyataan kalo adek gue bisa disebut sebagai bawang putih adalah bisa dilihat dari kebiasaannya sehari-hari, yaitu B-E-L-A-J-A-R. Kata yang asing banget di telinga gue, atau bahkan gue jadiin momok dalam keseharian gue, (karena yang biasa gue baca adalah Twitter, Facebook sama Blog gue, hehee). Gak peduli pagi, siang, sore atau malem, kalo ada waktu luang, si adek selalu aja gak pernah absen sama yang namanya buku pelajaran. Kalo gue lagi sirik sama dia, gue bakalan bilang gini: "Makan tuh buku. Atau sekalian aja dijadiin pacar!".
          Kenyataannya juga, adek gue lebih alim dan lebih rajin beribadah daripada gue. Gue sukanya mengulur-ulur waktu buat sekedar sholat 5 waktu, tapi adek gue? Denger adzan aja langsung berhenti belajar, ambil air wudlu dan berangkat kemasjid, padahal gue enak-enakan sholat bentar dikamar. Pernah gue bertanya ke dia soal pentingnya pendidikan (baca:sekolah) daripada pondok (karena dia mondok dipesantren). Dengan nada yang sangat amat mantap sekali, dia jawab gini "Jelas penting pondok lah mbak!". Saat itu juga gue langsung protes, dengan nada menggebu-gebu, gue langsung bilang "Ya lihat situasi dan kondisi lah dek, kadang pondok itu emang harus diutamakan, tapi ya ada waktu dimana kita harus ngedahuluin urusan pendidikan dulu. Sebelum menilai, lihat dulu siyuasi dan kondisinya seperti apa. Contohnya gini, kamu sekarang sibuk dengan ujian pondok, tapi kamu sekarang juga lagi sibuk dengan Ujian Nasional. Ujian pondok bisa nyusul, tapi kalo UN? emang boleh ditunda? Lagian UN juga cuma sekali tok abis itu udah". Setelah panjang lebar gue ceramah, dengan santai sang adek njawab "Udahlah mbak, penting semua kok!". Dan bisa ditebak, seketika itu juga gue langsung sewot "Pokoknya lihat sikon dulu. huh!!". Tau gue sewot, adek gue malah ngomporin gue sambil ngatain gue kalo gue ini adalah manusia yang telah terkontaminasi oleh virus kaum kapitalis. Dan seketika itu gue langsung bungkam.
          Urusan narsis nih, si adek paling anti sama yang namanya difoto. Kecuali foto KTP, SIM, dan KTM tentunya. Sedangkan gue? Foto gue difolder laptop sampe banjir bertumpah ruah (baca:nyampah). Sering banget gue pengen foto sama adek gue yang satu ini, tapi keinginan gue gak pernah dikabulin. Pernah suatu ketika gue nyolong foto sama dia, eh begitu ketahuan, camera yang gue pegang langung dirampas dan foto dia langsung dia DELETE!.
          Bukan itu saja sebenernya, urusan fisikpun gue sama sang adek jauh beda, adek gue orangnya tinggi (layaknya tinggi rata-rata cowok Indonesia), kurus dan item (hehee), sedangkan gue cukup pendek kalo dibandingin sama dia, gue subur, dan gue bisa dibilang putih. Nah lo!!
          Perbedaan yang gue dan adek gue miliki ternyata gak berhenti disitu pemirsa. Bahkan untuk urusan makanan, gue sama adek gue jauh beda. Adek gue suka kentang, gue amit-amit gak suka sama sekali, Gue suka pedes, adek gue yang nggak suka pedes. Gue suka wisata kuliner sambil ngemil gak ada hentinya, adek gue malah dengan santai bilang gini: "Masih banyak yang lebih penting daripada ini mbak!!".
          Dan lagi-lagi gue kena SKAKMAT!!