Global Var

Refresh Otak

Aaaaaaaaaaaaaaahh, ternyata sudah lama sekali ya saya tidak nyantolin tulisan-tulisan saya di blog? Wah, sebenarnya, jika boleh jujur, banyak sekali pikiran, ide dan perasaan yang sangat ingin saya tuangkan dalam bentuk tulisan, tapi endingnya ternyata sangat menyedihkan dan hanya berakhir pada kolam mimpi. Nyiahahahaaa... saya bilang dulu juga apa? Kata pelatih nulis saya, orang menulis itu seperti berenang. Jika nggak langsung 'nyemplung',  ya nggak basah. Iya apa iya?

Oke, ngomongin dunia tulis menulis emang nggak akan ada habisnya. Artinya, adaaaaaaa aja yang perlu dan harus dibicarain. Tentang menulis di tempat yang baru dan berbeda misalnya, bisa kita masukkan dalam kategori kegiatan yang bisa menimbulkan stimulus berupa semangat untuk meciptakan karya tulis. Suasana yang berbeda akan melahirkan suatu ide yang fresh juga dalam otak kita. Karna sebelumnya otak kita pernah mengalami keadaan fresh, lalu loyo dan pada saat tertentu menjadi fresh kembali, maka keadaan untuk mencapai kefreshan lagi tersebut bisa kita namakan sebagai kegiatan me-refresh.

Kita menulis, kenapa yang di bahas merefresh otak? Bukannya merefresh tulisan? Ya. Karena ternayata selalu saja menulis itu membutuhkan peran otak yang aktif berkerja. Kita, mempunyai kekuatan sebesar apapun, keinginan sepanjang apapun, jika otak atau pikiran kita nggak nggathuk, hasilnya akan sia-sia belaka. Berbentuk tulisanpun, pasti hasil akhirnya akan ambur adul. Konklusinya? Itu bukan tulisan, tapi hanya deretan kata tanpa makna, tanpa maksud tujuan.

Nah, itulah mengapa untuk edisi kali ini, setelah saya terminal terlalu lama dalam menulis, dan ternyata setelah mendapat tempat baru saya bisa menulis, saya pun menulis dan membicarakannya. Bahwa menulis itu bukan sesuatu yang mudah, tapi bukan juga termasuk sesuatu yang menakutkan dan sesulit memotong tali baja. Intinya, jangan terlalu meremehkan, juga jangan terlalu menganggap sulit. Yang harus kita lakukan hanyalah mewujudkan suatu keadaan dimana otak kita mau untuk bekerja lebih kreatif lagi. Selamat mencoba!

Sidoarjo, 24 Juni 2013
Malam pertama di tempat pengabdian