Global Var

Nugas Tanpa Batas


        Hal yang sering dikeluhkan oleh mahasiswa adalah tugas. Tugas selalu dianggap sebagai beban yang harus segera di hilangkan. Karena tugas, terkadang mahasiswa bisa terpengaruh dalam hal fisik (sakit), ataupun masalah psikis (galau, jenuh) dan sebagainya. Efek-efk tersebut biasanya akan cenderung terlihat nyata ketika musim-musim ujian telah mendekat. Secara dalam satu semester bukan hanya satu-dua mata kuliah saja yang ditempun, maka secara otomatis tugaspun saling berkejaran meminta hak.

        Berbicara tentang tugas, nyatanya setiap orang terlalu terpaku dalam bidang akademik saja. yang dinamakan tugas, adalah perintah dari guru/dosen/atasan yang harus dijalankan oleh seseorang. Hal ini dikaitkan dengan adanya konsekuensi yang harus diterima ketika tugas tak sesuai dengan harapan dan kemauan si pemberi tugas. Jika konsekuensi tidak nyata, maka kita tidak menganggapnya sebagai tugas.

        SALAH BESAR. Jika kita mau untuk beranjak dan memaksa otak kita untuk sedikit mengedarkan pandangan kesamping kanan-kiri dan tidak hanya terpaku pada hal-hal yang tepat berada di depan kita, maka kita akan dihadapkan pada fenomena-fenomena yang kesemuanya berhubungan langsung dengan tugas. Jangan lantas dianggap jika tugas hanya berkisar dalam dunia formal saja, maka dalam hiduppun, kita telah menjalankan misi sebuah tugas dengan konsekuensi nyata namun tersamarkan oleh ketidakpekaan kita.

        Tugas perkembangan misalnya. Pada seumuran mahasiswa, baik secara fisik dan psikis, setiap dari invidu mengemban tugas perkembangannya. perkembangan biologis, perkembangan cara berfikir, bersosialisasi, dan perkembangan-perkembangan lainnya. Konsekuensi? Pasti ada. Ketika tidak dapat memenuhi tugas untuk bersosialisasi sesuai dengan umur misalnya, tidak menutup kemungkinan akan adanya masalah individu dalam bersosialisasi dengan lingkungannya. Sebenarnya hal-hal tersebut telah sangatlah umum. Karena keumumannya, maka kita telah menelantarkan suseautu yang sebenarnya sangat intim dengan hidup kita.

        Jadi, ketika seorang individu mengeluh karena banyaknya tugas kuliah yang diberikan oleh dosen pengampunya, jelas wajar. Tidak ada tugas yang tidak wajar. Terkadang tugas memang dijadikan sebagai alibi untuk absen dalam mengerjakan sesuatu. Tapi itulah adanya. Ya. Anda adalah mahasiswa. Mahasiswa dengan tugas adalah suatu jodoh. Gampangnya, jika anda mahasiswa, maka anda harus berteman dengan tugas. Ketika anda harus mengerjakan sesuatu diluar dunia akademik, anda tetap mengemban tugas kuliah. dan tugas kuliah jelas tidak bisa dijadikan sebagai hambatan dalam melakukan aktifitas sehari-hati.

        So, tetap jalani tugas-tugas anda sesuai list-list yang harus anda tempuh. Semangat :)