Global Var

Menghargai Usaha Sendiri

assslamualaikum
bagi mahasiswa MK pSikologi agama apabila merasa nilai yang ada tidak sesuai dengan kemampuannya baik merasa terlalu tinggi ataupun terlalu rendah..mohon segera hubungi saya...via telp ato sms sampai tanggal 7 juli 2012 pukul 12,00
terima kasih
wassalam
Dosen pengampu
Berkat membaca pesan singkat yang dikirim oleh dosen Psikologi Agama gue diatas, gue langsung tersengat pengen liat nilai-nilai gue yang sampe saat pesan itu keluar belum juga gue tengok. Beda cerita dari mayoritas temen gue yang nggak ngeliat nilai-nilainya dikarenakan takut kalo dapet nilai jelek, eh gue malah gara-gara males. Males buka-buka sesuatu yang menurut prediksi gue bisa bikin gue galau. Nah lo, apa bedanya cobaa??
Alhamdulillah, setelah gue tengok nasib nilai-nilai matakuliah gue, gue bisa bernapas lega karena ternyata, meskipun nilai gue gak bagus-bagus amat, ternyata masih ada peningkatan kalo dibandingin dengan yang semster lalu. Setelah puas mentelengin nilai-nilai gue yang terbilang cukup bagus untuk ukuran gue, udah bisa ditebak sih, gue langsung buka fesbuk sama twitter buat apdet status. Belum juga gue apdet tuh status udah ada temen yang ngajak chat gue ngomongin tentang nilai Psikologi Agama.
"Fik, Psikologi Agama dapet apa?" Gue jawab "B+, kamu?" Si dia (mungkin dengan ekspresi marah juga seandainya dia didepan gue) "Aku dapet B+ juga fik. Mau protes aku!!" "Lah maunya minta nilai apa loh mbak?" Dengan semangat membara si embak langsung bales "Ya A dong fik. Masak A*** dapet A, aku dapet B+? Seharusnya aku ya dapet A juga, wong aku ngerjakan tugasnya bareng A***". STOP. Setelah sempet ngerenungin percakapan dengan temen gue tadi, gue langsung mikir "Ya ampun nih anak, susah banget sih nyukurin hasil jerih payah ndiri??" 
Oke, berangkat dari pengalaman gue diatas, gue jadi semacam punya teori yang (sumpah) gue dapet dari otak gue sendiri. Kalian tau apa? Yap!!! Yaitu Menghargai Usaha Sendiri. Menghargai usaha sendiri itu kalo menurut gue beda banget sama menyombongkan hasil dari apa yang telah kita kerjain. Bedanya begini: kalau menyombongkan hasil jerih payah kita ke orang lain, ciri-ciri yang mencolok adalah bangga dengan apa yang didapetin dari hasil jerihpayahnya tersebut dengan mewujudkannya sebagai tolak ukur dari kerjaan atau jerih payah yang dilakukan orang lain yang juga untuk hal yang sama. Simpelnya gini deh, seandainya gue berhasil melakukan suatu misi dalam hidup gue, maka gue akan berpikir kalo keberhasilan ini mutlak karena usaha gue sendiri tanpa ada oknum-oknum yang membantu proses kesuksesan kita. Seandainya usaha itu kita lakukan dalam suatu grup atau komunitas tertentu, kita bakalan mikir kalo usaha yang telah kita jalanin itu kagak bakalan bisa berhasil tanpa usaha yang kita lakuin, intinya lang lebih inti lagi, kita ngeremehin jerih payah yang dilakukan oleh oknum-oknum yang berada disekitar kita. Wujud yang nyata lagi nih, yang sangat mencolok dari sombong itu, biasanya kita sering nyeritain usaha yang telah kita perbuat pada orang-orang disekitar kita. Tujuannya nggak jauh-jauh amat dengan pame atas apa yang kita kerjain.
Terus, apa dong bedanya dengan bangga yang mengandung niatan menghargai usaha sendiri??? Bedanya tipis sih, makanya sering juga kita salah dalam mengartikan dan menjalankannya. Kedua sikap tersebut sama-sama merupakan rasa bangga atas apa yang telah diraih. Tapi beda loh pembaca sekalian. Bedanya dalam hal menyikapi keberhasialn dari usaha tersebut. Apasih bedanya??? Yang beda itu pikirannya bro!! Orang yang pinter menghargai jerih payahnya akan selalu bersyukur atas apa yang didapetin dari usahanya, walaupun cuma dikit, bahkan ketika tidak memperoleh apapun. Kalian tau mengapa orang-orang yang pintar menghargai jerih payahnya itu tetep bersyukur ketika mereka tak mendapatkan apa-apa? Hal itu tak lebih karena dia adalah orang yang sangat menghargai dirinya dan jerih payah yang ia lakukan. Orang yang memaki-maki hasil yang tidak memuaskan atas usahanya itu, secara tidak langsung ia telah melecehkan dan menganggap bahwa apa yang telah diusahakan dan dilakukan selama ini itu nggak ada artinya. Nah, terus apa arti dari usaha berbentuk doa, materi dan tenaga yang dilakukan sebelumnya?