Global Var

Brokoli Chrispy

Siapa bilang yang bisa di chrispy cuma ayam, tahu-tempe dan jamur?? Hahaa... ceritanya gue itu kemaren lagi PM (Pengabdian Masyarakat) di daerah Pujon-Malang yang semua orang itu tau kalo disana itu gudangnya susu segar, sayuran segar, dan buah segar. Sumpah bro, bukan susu, buah atau sayurnya saja sih yang segar, tapi pemandangan sama udaranya juga masih seger banget, keliwat seger malah. Nah lo???
Kembali ke cerita awal ya, ceritanya waktu itu gue sama temen-temen abis ngadain penyuluhan kesehatan buat warga sekitar. Semacam nyadarin kalo disana banyak makanan yang bermutu gitu deh. Eh, begitu acara selesai, sang ibuk-ibuk dan bapak-bapak warga setempat ngasi sayuran sama buah-buahan (padahal cuma apel) yang banyak banget. Sumpah banyak, sampe bascamp gue penuh sama yang namanya sayur. Mungkin pemberian itu semacam bentuk ucapan terimakasih mereka atas penyuluhan yang baru aja gue dan temen-temen gue gelar. Ya meskipun terlalu banyak, harus disyukuri deh ya?? Alhamdulillah..
To the point aja deh, kalo elo pada pengen gerasain gimana rasanya makan brokoli chrispy, gue mau bagi-bagi resep nih buat ente-ente semua. Dijamin deh, rasanya nggak kalah sama jamur chrispy. Hal ini bisa menjadi solusi kita kalo lagi bokek. Daripada beli jamur yang lumayan langka dan mahal, mending beli brokoli deh dapet banyak, hehee..
Okesip broder en sister, yang perlu kalian siapin dulu adalah:
  • Brokoli 1 Kg
  • Tepung beras 0,5 Kg
  • Tepung maizena 0,5 Kg
  • Telur 2 butir
  • Penyedap rasa
  • Bawang merah-bawang putih secukupnya
  • Garam
  • Air
Nah pemirsa, kalo bahan-bahan diatas udah kalian sediain, ikutin langkah-langkah dibawah ini ya... Catatan juga nih, sebelum buat brokoli chrispy ini, gue udah searching-searhing gitu di gugel gimana caranya buat jamur chrispy (karena menurut gue, pasti caranya sama dengan cara buat brokoli chrispy). Nah ketika gue nyoba buat ngikuin langkah-langkahnya, kok gue ngerasa kesulitan ya? mungkin terlalu ribet. Dan akhirnya gue buat jalan pintas deh biar simpel. Kalo mau tau caranya, cekidot deh ->
  1. Rebus brokoli yang udah di iris kecil-kecil dengan air yang udah dikasi garem secukupnya. Fungsinya? Ya biar brokolinya sedkit ada rasa sedapnya gitu. ngerebusnya jangan mateng-mateng ya, setengah mateng aja, terus tiriskan sampe bener-bener kesap airnya.
  2. Taruh brokoli yang telah ditiriskan ke wadah yang agak longgar, lalu taburkan setengah dari campuran tepung beras, tepung maizena dan penedap rasa. Eh iya, jagan lupa dikasi garem lagi ya, biar chrispy nya juga kerasa asin, lalu campurkan adonan.
  3. Kocok 2 butir telur yang dicampur dengan bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan, dan campurkan lagi kedalam adonan.
  4. Tambahkan setengah sisa tepung yang tersisa buat nutupin basahan akibat telur yang dicampurkan
  5. Setela itu, tinggal digoreng deh dengan minyak yang agak banyak, dang angkat setelah eliatan agak kecoklatan.
Selamat menikmati ya sodara-sodara. Dijamn enak deh. Kalo ada yang rasanya nggak enak, mungkin kelebihan garem ato malah kurang? hehee.. kalo kata temenku, masak itu harus pakek hati, biar bumbu dan rasanya pas. ~SELAMAT MENCOBA~